Pro Kontra Fasilitas Isoman Anggota DPR, Mayoritas Anggota Fraksi Tak Sepakat!

Usulan fasilitas program isolasi mandiri yang dilakukan oleh anggota DPR terus menuai kritik dari berbagai pihak. Termasuk dari kalangan anggota DPR sendiri. Tak heran beberapa di antaranya justru melayangkan kritik keras atas usulan kebijakan tersebut.

Namun demikian Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, baru-baru ini menegaskan bahwa usulan kebijakan isoman anggota DPR tak menyalahi aturan. Ketentuannya telah tercantum dalam surat Dirjen Perbendaharaan Negara S-308/PB/2020 mengenai penegasan biaya/belanja yang dapat dibebankan pada DIPA Satker dalam masa darurat Covid-19.

Sedangkan Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat menjadi salah satu rumah sakit rujukan isolasi mandiri anggota DPR RI. Tarif fasilitas yang dikeluarkan pun berkisar antara 4,5 juta sampai 30 juta rupiah per orang. Biaya ini diperoleh dari anggaran perjalanan luar negeri yang tak terpakai dan anggaran lain yang kontingen.

Hanya penjajakan

Pernyataan ini muncul dari Sekjen DPR RI Indra Iskandar. Menurutnya hingga saat ini pihaknya belum pasti menyediakan fasilitas hotel untuk isolasi tersebut. Selanjutnya Indra menegaskan bahwa usulan ini hanyalah penjajakan dan baru saja sampai pada tahap persiapan. Selain itu, anggaran atas usulan isolasi mandiri disebut belum mencukupi kebutuhan.

Seperti saya bilang pertama itu. Ini kan, baru penjajakan. Apa yang mau dibatalkan? Dananya juga belum ada kok. Itu kan cuma untuk berjaga-jaga saja,” ujar Indra dalam wawancara terbarunya Kamis (29/7/2021) lalu.

Dahulukan kepentingan rakyat

Melalui Kumpulan Situs Judi Bola Online pernyataannya pada awak media Rabu (28/7) lalu, Wakil Ketua Umum PKB, Jazuli Fawaid menegaskan bahwa fraksinya jelas menolak kebijakan ini. Terutama berkaitan dengan anggaran, Jazuli menerangkan jika anggaran fasilitas isoman anggota DPR RI digunakan unuk membantu masyarakat.

Menurutnya PKB berkomitmen untuk mendahulukan kepentingan masyarakat, “Fraksi PKB tegas menolak. Kami mendahulukan kepentingan rakyat sesuai maklumat Ketum PKB agar jajaran F-PKB turun tangan melayani masyarakat yang sedang isoman.

Lebih baik isoman di rumah

Diungkapkan oleh Saan Mustopa, Sekretaris Fraksi Partai NasDem pada (29/7) lalu. Menurut Saan kebijakan ini dinilai tak tepat. Ia yakin bahwa sebagian anggota DPR akan lebih memilih melakukan isolasi mandiri di rumah daripada di hotel. Kenyamanan menjadi pertimbangan utama keberlangsungan isolasi.

Saya yakin anggota dewan lebih memilih isoman di rumah. Kalau di hotel justru bisa stres. Karena cuma begitu saja, sehingga kurang nyaman,” ungkap Saan.

Pernyataan sebelumnya juga diungkapkan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Yoyok Sukawi. “Rencana ini kurang tepat karena rata-rata anggota DPR mampu membayar sendiri dan bisa isoman di rumah pribadi atau rumah dinas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yoyok menawarkan alternatif lain bahwa akan lebih baik jika anggaran isoman DPR RI ini diberikan kepada masyarakat. Ia yakin anggota DPR RI memiliki previlese cukup untuk mengakses fasilitas isoman secara mandiri.

Diminta evaluasi kebijakan

Ketua DPR RI, Puan Maharani, baru-baru ini melayangkan pernyataan tegas atas sikap penolakan kebijakan isolasi mandiri sebagaimana rencana pihak Sekjen DPR RI. Menurutnya kebijakan tersebut dinilai belum perlu dilakukan dan membutuhkan evaluasi. Bahkan, Puan pun memerintahkan Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, untuk berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19.

Melihat kondisi saat ini, penyediaan fasilitas isolasi terpusat khusus karyawan, perangkat, maupun anggota DPR belum perlu dilakukan,” ujar Puan Maharani pada Jumat (30/7)

Mendapat kritik dari berbagai kalangan hingga penolakan dari anggota DPR RI, kebijakan fasilitas isoman ini pun resmi dievaluasi. Pihak sekretariat diminta melakukan koordinasi dengan satgas dan fasilitas kesehatan lain yang membuka ketersediaan tempat isolasi terpusat. “Iya betul, kami sedang mengevaluasi. Ke depan diminta berkoordinasi dengan Satgas Covid untuk penanganannya,” ujar Indra Iskandar pada (30/7). Kembali Dengan Tautan Ini : CAFFREYFORCONGRESS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *