Ini Dia Fakta Seputar Vaksin Covid-19 Varian Delta Rekomendasi China

Indonesia – Dunia tengah menghadapi pandemi virus covid-19 yang kini muncul berbagai varian baru. Varian-varian tersebut menimbulkan gejala dengan tingkat tergolong lebih parah dan membuat virus jadi lebih cepat menyebar. Seperti varian delta yang menurut ahli kesehatan mampu menular hanya dari droplet. Vaksin covid-19 varian delta khusus di Indonesia sendiri memang belum ada, tetapi pemerintah China memberi rekomendasi vaksin yang mampu cegah semua varian covid-19.

Lahirnya vaksin baru untuk mencegah varian dari virus covid-19 ini diberi nama Zififax dengan kode ZF2001. Vaksin ini merupakan hasil penelitian di Winslot777 Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co. Ltd kolaborasi bersama Institut Mikrobiologi Akademi Ilmu Pengetahuan China. Anhui Zhifei sendiri menjadi perusahaan penghasil vaksin Sinovac dan Sinopharm.

Fakta Mengenai Vaksin Covid-19 Varian Delta dari

Belum resmi masuk ke Tanah Air, jenis vaksin satu ini menyita banyak perhatian dunia dan telah digunakan di beberapa negara, di antaranya China dan Uzbekistan dengan hasil yang cukup baik dalam menurunkan angka kasus covid-19.

Gunakan Teknologi yang Sama dengan Vaksin Novavax

Tidak hanya dari segi hasil, warga dunia pun tentu sangat memperhatikan proses pembuatan dari vaksin itu sendiri untuk lebih yakin mengenai keamanan dan keefektifannya. Vaksin Zifafax terbuat dari penerapan teknologi pembuatan yang disebut dengan spike glycoprotein dari virus covid-19, bertujuan menciptakan antibodi pada tubuh.

Dosis yang disarankan adalah tiga takar dengan proses penyuntikan selama dua bulan. Teknologi serupa pun sudah diterapkan pada vaksin untuk hepatitis B dan pertusis. Anhui Zhifei sedang berupaya memproduksi minimal 1 milyar dosis hingga akhir tahun ini.

Bisa Bantu Melawan Berbagai Varian Virus Covid-19

Klaim sebagai jenis vaksin yang bisa melawan berbagai varian virus covid-19 ini berdasarkan hasil penelitian yang dirilis pada tanggal 16 Juli. Zifafax terbukti mampu mencegah perkembangan dari varian-varian alpha, beta, gamma, delta, epsilon, etha, dan kappa.

Namun fokus penelitian sendiri lebih kepada varian delta yang kini menjadi varian ganas dengan risiko penularan tertinggi. Hasil dari penelitian yang melibatkan 28 relawan pun memang efektif melawan berbagai varian, khususnya alpha. Meski belum terbukti bisa dengan sangat efektif melawan varian delta, tetapi pihak Anhui Zifei meyakini bahwa Zifafax tetap jadi solusi terbaik sebagai jenis vaksin covid-19.

Hasil Menjanjikan yang Disempurnakan dengan Dua Tahap Pengujian

Belum banyak yang tahu dan dari segi informasi masih cukup terbatas, tetapi hasil penelitian dan uji klinis memberi sinyal positif yang mana membuat hasilnya lebih menjanjikan. Sampai sekarang, proses pengujian vaksin Zifafax sudah melalui dua tahap dengan hasil yang memuaskan. Vaksin ini juga sudah digunakan lebih dari 1 juta dosis di Uzbekistan mulai dari awal tahun kemarin, sampai Juni dan lanjut diikuti oleh pemerintah China.

Memasuki Tahap Pengujian Ketiga

Untuk memaksimalkan hasil, vaksin satu ini sedang masuk ke tahap pengujian ketiga. Pengujian tahap lanjut ini melibatkan lebih banyak relawan dari berbagai negara seperti Malaysia, Ekuador, hingga Pakistan. Sementara itu para peneliti di Indonesia sendiri mulai melirik untuk lakukan pengujian serupa.

Pengujian vaksin covid-19 varian delta Zifafax ini sudah disetujui oleh. Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran yang urut ikut andil dalam melangsungkan uji klinis sejak Bulan Maret. Pemerintah Indonesia bersama banyak pihak saat ini sedang berupaya mengendalikan angka kasus yang semakin meningkat dengan mengajak masyarakat untuk menjalani vaksin gratis di seluruh daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *