Gibran-Risma Potensial Maju Pilgub DKI 2024, Ini Penjelasan Hasto

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP Hasto kristiyanto mengatakan. Jika kali ini banyak dari kadernya yang berpotensi diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024 yang akan datang. Bahkan dia juga mengatakan jika pilgub digelar tahun ini, PDIP telah siap menyetorkan nama-nama calon yang akan menjadi kandidat.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Hasto ketika disinggung terkait dengan peluang dari Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial serta Gibran Rakabuming Raka mpo88 yang saat ini tengah menjabat menjadi Walikota Solo. Keduanya digadang-gadang akan diusung menjadi Wagub dan  Cawagub pada Pilkada DKI Jakarta 2020 4 mendatang.

“Sebenarnya tidak hanya kedua nama itu saja, namun ada Pak Kanang dari Kabupaten Ngawi, Anas Urbaningrum dari Banyuwangi dan juga Hendrar Prihadi dari Semarang. Memang cukup banyak pemimpin-pemimpin yang telah berhasil pada tingkat kabupaten kota,” ujar Hasto saat ditemui di Gedung Sekolah Partai (7/1/2022).

Bukan hanya itu saja, Hasto juga menyebutkan lagi Jika PDIP juga masih memiliki kader terbaik yakni Agus Mahayastra yang kini tengah menjabat sebagai Bupati Gianyar Provinsi Bali. Dia mengatakan lagi bahwa nama-nama yang telah dianggap layak maju pada Pilkada DKI 2024 mendatang lantaran sudah melewati proses kaderisasi yang diselenggarakan di sekolah partai dengan baik.

Namun untuk skala prioritas saat ini yang yang dikedepankan oleh PDIP adalah memperkuat seluruh jaringan partai. Sehingga bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Jakarta.

Alasan Pemilihan Risma-Gibran

Diketahui  sebelumnya menyambut kontestasi politik yang akan digelar pada pemilu 2024 pembicaraan mengenai bursa pilgub DKI Jakarta hangat dibicarakan. Terlebih lagi dengan munculnya sejumlah nama-nama yang sudah dicadangkan dari beberapa partai lain seperti Wagub DKI Ahmad Riza Patria serta Grace Natalie eks Ketum PSI.

Dari pihak PDIP sendiri telah mengungkapkan jika sosok Risma  atau Tri Rismaharini dan Gibran Rakabuming yang yang akan dicalonkan. Hasto mengungkapkan jika sosok Risma telah membuat perubahan besar ketika menjabat sebagai walikota Surabaya. Risma teah berhasil merawat keindahan dari kota Surabaya.

“Dalam kepemimpinan Bu Risma selama dua periode di Kota Surabaya sudah menunjukkan banyak perubahan yang signifikan. Seperti perubahan secara kultur hingga masyarakat Surabaya dapat dilihat sekarang mereka merawat lingkungan dengan baik serta melakukan tatanan kota yang mencerminkan keindahan dari kota Surabaya,” ujarnya.

Sedangkan untuk Gibran, Hasto mengatakan jika harus membuktikan hasil kerja yang dicapainya sebagai Walikota Solo saat ini. Ia juga berharap jika nantinya Gibran bisa melakukan strategi yang yang dilakukan oleh Risma.

“Sementara untuk Mas Gibran beliau saat ini sudah terpilih sebagai Walikota Solo tentunya juga harus membuktikan bagaimana keberhasilan kepemimpinan Mas Gibran yang ideologis serta mengedepankan kultur Nusantara. Selain itu juga mampu membawa perubahan sistemik sebagaimana yang telah dilakukan Bu Risma ketika menjabat sebagai walikota di Surabaya. sehingga hal tersebut juga bisa dilakukan oleh Mas Gibran,” lanjut Hasto.

“Saat akan maju menjadi walikota, Ibu Risma menjadi salah satu pengajar dia menyampaikan banyak aspek aspek strategis tentang cara membangun kota supaya lebih manusiawi. Setiap semua warga bergotong-royong dengan penuh kesadaran membuat kota menjadi lebih indah serta membawa kemajuan bagi warga masyarakatnya,” terangnya. Meskipun Hasto juga mengatakan jika terdapat kader-kader PDIP yang layak untuk dicalonkan menjadi Wagub dan Cawagub di DKI Jakarta Namun hingga saat ini  PDIP juga belum menetapkan secara pasti terkait siapa tokoh yang nantinya akan maju dipilih pada pilgub DKI.