Gaya Politik Anies Baswedan Menyindir Giring, Dinilai Mirip Jokowi

Salah seorang pengamat dari komunikasi politik Universitas menghargai langkah yang dilakukan Anies Baswedan Menyindir Giring. Hendri Satrio, sang pengamat tersebut memuji langkah Gubernur DKI itu mengenai pengundangan grup band Nidji untuk menjadi pemain dalam check sound Jakarta Internasional Stadium.

Gaya komunikasi yang dilakukan Anies Baswedan tersebut dinilai sebagai upaya yang cerdas dalam menyindir lawan politiknya. Yang mana lawan politiknya adalah Giring sang mantan vokalis band Nidji. Sementara itu, Nidji yang diundang oleh Anies Baswedan merupakan band yang memiliki vokalis baru.

Anies Baswedan Menyindir Giring, Dinilai Mirip Jokowi

Hendri mengatakan bahwa langkah yang dilakukan Anies Baswedan sangat luar biasa. Dalam pengundangan band Nidji tersebut, Hendri menilai judi bola online segala kritik yang dilontarkan oleh Giring telah terbalaskan dengan elegan. Sekaligus menjawab seluruh kritikan dengan pembangunan dan tindakan.

 “Anies ini luar biasa. Dia menjawab semua kritik dengan tindakan dan pembangunan,” ungkap Hendri dalam Kompas.com.

Sementara itu, Giring yang kini telah menjadi politisi partai PSI itu seringkali melontarkan kritikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketua Umum Partai PSI tersebut telah melontarkan beberapa kritikan. Kritikan yang dilontarkan Giring tersebut dinilai sangat vokal karena menyampaikan secara terang-terangan.

Kritikan yang dilontarkan oleh Giring sang Ketua Umum PSI terakhir adalah mengenai kinerja pembangunan Pemprov DKI. Giring secara tidak terduga melakukan inspeksi mendadak ke sirkuit Formula E di Ancol. Sirkuit yang terletak di Jakarta Utara tersebut menjadi sasaran kritik yang dilontarkan Giring kepada Anies.

Beberapa waktu berselang setelah kritikan yang dilontarkan oleh Giring tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah sebuah video di instagram pribadinya. Video tersebut menunjukkan bahwa ia sedang menyaksikan penampilan dari Band Nidji yang sedang tampil untuk check sound.

Dalam video tersebut, terlihat Anies Baswedan sedang berpose di tribun penonton konser. Anies menunjukkan bentuk pujian kepada Band Nidji yang telah memiliki vokalis baru tersebut di caption dalam postingannya. Caption yang ditulis Anies Baswedan “tidak ada sumbang-sumbangnya” seakan memuji band tersebut.

Atas tindakan Anies tersebut, Hendri menilai bahwa dengan mengundang band Nidji ke proyek tersebut yang hampir rampung tersebut menjawab seluruh kritikan Giring terhadap pembangunan Formula E. Anies secara tidak langsung sedang meyakinkan sang Ketua Umum PSI tersebut bahwa pembangunan berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Secara lebih lanjut, Hendri juga menilai gaya yang dilontarkan Anies Baswedan ini mirip dengan Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dapat terjadi karena Anies sendiri pernah menjabat sebagai Jubir atau Juru Bicara Tim Sukses Jokowi-Kalla pada pemilu 2014.

Hendri juga menjelaskan bahwa Anies Baswedan pernah menjabat juga sebagai Menteri Pendidikan pada kabinet Jokowi-JK. Walaupun akhirnya terdapat reshuffle kabinet hingga Ia terdepak. Hal tersebut cukup membuktikan bahwa Anies memang mengadopsi gaya komunikasi yang sama dengan Presiden Jokowi.

Hendri juga mengatakan bahwa Anies Baswedan tidak akan pernah meninggalkan Presiden Jokowi dalam hal komunikasi. Gaya komunikasi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi berupa jawaban atas kritik tidak dengan kata-kata, melainkan dengan tindakan dan pembangunan yang nyata. Hendri pun juga menjelaskan bahwa level Presiden Jokowi dan Anies Baswedan dalam komunikasi politik ini berada jauh di atas Giring. Jika melihat dari kritikan terakhir yang dilontarkan oleh Giring mengenai pembangunan Formula E baru-baru ini.

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-5902417/hensat-manuver-anies-sindir-giring-ikuti-gaya-jokowi